Tuesday, September 30, 2014

Review game: PINBALL (free download)



Versi untuk penggemar Sepak Bola: http://store.steampowered.com/app/273527
Dengan versi untuk masing2 team favorite: A.C. Milan, Real Madrid, A.S. Roma, Liverpool, Juventus, Arsenal dan Barcelona.
Di antara sekian banyak game yang modern dan serba canggih, ternyata Pinball tetap punya tempat di hati sebagai sebuah game classic yang "TIMELESS". Saya senang bermain Pinball mulai dari mesin benerannya, hingga segala macam jenis Pinball electronic, mulai dari handheld hingga pc dan konsol. Tapi boleh dibilang kalo sekarang ini adalah jaman keemasan electronic pinball! Kenapa?? Karena selain software originalnya lebih mudah didapatkan, baik melalui Steam ataupun PSN, ketimbang membeli disk seperti pada jaman dulu..juga teknologi memungkinkan 3 hal:
1. Simulasi yang sangat realistik
2. Pengembangan konsep modern
3. Display besar dengan harga yang makin terjangkau, hingga mendekati ukuran meja aslinya
Dulu sempat hanya menjadi impian, saat melihat seorang Rock Star memiliki lebih dari 30 meja pinball di rumahnya. Karena selain harganya yang sangat mahal, sekitar $3000 - $10.000 ke atas untuk meja yang masih bekerja dengan baik, belum lagi perawatannya yg juga amat sulit. Kini, paling tidak dengan menggunakan layar LED, kita bisa memiliki puluhan koleksi meja pinball yang sangat berkualitas dengan resolusi HD yang sangat tajam, serta feel yang sangat authentic. Bagi sebagian old school generation, hal ini bukan sekedar permainan..tapi sebuah mimpi, sebuah obsesi yang menjadi kenyataan! Thanks to technology :)
Permainan Pinball electronic umumnya dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Pinball Classic
Simulasi dari meja pinball sesungguhnya yang memang benar2 ada.
Contohnya:
Seri Pinball Arcade http://store.steampowered.com/app/238260
2. Pinball Modern 
Berdasarkan imaginasi, bukan dari meja pinball yang pernah ada.
Contohnya:
Seri Pinball FX2 http://store.steampowered.com/app/226980
Dimana masing2 mempunyai tantangan dan keasikan tersendiri. Belum lagi mengingat bahwa dalam permainan ini, semua meja Pinball memiliki ciri khas tersendiri. Dengan "Feel" meja, bola dan kisah yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Saya sangat beruntung karena menyukai keduanya :)
Orang yang ahli pada meja yang satu, belum tentu lebih ahli pada meja yang lainnya! Karena biasanya tiap pemain pinball juga punya karakter masing2. Mereka yang dinamis akan lebih handal bermain pada meja dengan bola yang lebih ringan, serta gerakan yang lebih cepat dan kompleks. Demikian pula dengan mereka yang lebih stabil, mungkin akan lebih handal bermain pada meja dengan bola yang lebih berat, serta gerakan lebih lambat dan repetitive. Apapun itu, akan sangat bermanfaat untuk bisa memainkan berbagai macam jenis meja yang akan memberi pengalaman baru, serta pelatihan pada berbagai aspek.
Sebagai orang yang hidup di dunia kreatif, bagi saya Pinball lebih dari sekedar permainan. Tapi merupakan "Inspirasi Desain" yang bisa dinikmati dengan cara dimainkan, bisa dikoleksi..dikagumi dan dibanggakan. Khususnya karena setiap meja dirancang sedemikian rupa, secara sangat detail, presisi dan berkarya seni tinggi. Dulu semua itu merupakan rangkaian ratusan..bahkan ribuan komponen electronic, bumper, per dan lampu..juga chip, speaker, hingga seluruh komponen meja lainnya mulai dari kaca hingga struktur meja yang kokoh hingga sanggup untuk dimainkan berjam-jam, bahkan oleh para profesional dan pinball mania yang sering kali bertubuh besar dan bertangan killer  Kini bagian dari sejarah dan masterpiece itu bisa dimainkan bersama dengan keluarga di rumah!
Manfaat pendidikannya juga sangat luar biasa, di antaranya:
1. Mendidik kreatifitas serta cita rasa seni yang tinggi
2. Melatih speed, power dan control "SECARA BERSAMAAN". Dalam sebuah permainan addictive dan seru yang tanpa disadari mendidik reflex, kekuatan mental serta fokus..sekali lagi, secara intense dan..bersamaan. Dimana hal ini adalah sebuah kesempatan yang sangat langka dan amat sangat bermanfaat!
3. Sangat seru untuk dimainkan bersama, sehingga menambah keakraban keluarga dan persahabatan
4. Bisa dijadikan skill untuk mengikuti turnamen Pinball, bahkan dengan meja yang sesungguhnya
5. Mempersiapkan mental untuk kehidupan yang sesungguhnya..dengan segala pasang surut kehidupan, suka duka, sisi serius..hingga sisi bermainnya 
Jelas pinball merupakan sebuah permainan yang sangat positif dan aman untuk dimainkan oleh seluruh anggota keluarga. Untuk itu saya menobatkan pinball sebagai permainan yang paling direkomendasikan pada komunitas gamer terkeren: Gamers_ID ‪#‎SPIRA‬https://www.facebook.com/groups/gamersidworld

Bonus:
Sebuah lagu dengan judul: Pinball, ciptaan saya Happy Playing!
http://crystaline.bandcamp.com/track/pinball 





Personal Rating: 100





Must Play for Everyone!

No comments:

Post a Comment